Loading...

Komunitas

Pembagian Wilayah Gereja

Daerah cakupan Gereja Katolik Paroki Santo Yakobus dibagi dalam 30 Lingkungan yang berdekatan dan membentuk 8 Wilayah dengan batas-batasnya sebagai berikut:

St. Agustinus [Ketua Wilayah: Herman Doa]
Meliputi kawasan: Citra Sentosa, Menganti Permai, Puri Menganti Indah, Griya Kencana, Puri Safira Regency, Taman Menganti Emas, Oma Indah Menganti, Graha Menganti, Palem Pertiwi, dan Menganti Satelit.

St. Anna [Ketua Wilayah: Christophorus Chandra Kirono]
Meliputi kawasan: Waterfont, Woodland, Taman Golf, Teluk Golf, Puncak Golf, Bukit Golf, Selat Golf, Bukit Telaga Golf, Galeria Golf, Taman Mansion, Fullerton, Rafles Garden, Bukit Bali, Maxwell, Tanjung Golf, Taman Puspa Raya, Alam Hijau, Bukit Golf Internasional, dan Ruko Kingstown.

St. Timotius [Ketua Wilayah: Adrian Hameldan]
Meliputi kawasan: Bukit Palma, Palma Classica, Palma Grandia, Green Hill, Rosewood, dan Puncak Palma.

St. Petrus [Ketua Wilayah: Robertus Yani Gunawan]
Meliputi kawasan: Puri Widya Kencana, Villa Taman Telaga, Royal Park I & II, Puri Lidah Kulon Indah, Palm Hill 2 , BTG, South + East Emerald Mansion, Puri + Sepat Lidah Kulon Indah, dan East Emerald Mansion.

St. Maria [Ketua Wilayah: Theresia Maria Kumala]
Meliputi kawasan: Graha Famili Blok A, B, C, AA, BB, CC, D, E, F, G, H, I, J, K dan Bukit Darmo Golf.

St. Yoseph [Ketua Wilayah: Sebastianus Ferry Santoso S.]
Meliputi kawasan: Raya Lontar, Pondok Lontar Indah, Villa Valensia, Villa Bukit Indah, Villa Bukit Regency, Villa Regency (Pakuwon Indah), One Golf Terrace, dan The Mansion.

St. Paulus [Ketua Wilayah: Louise Virginia Taniman]
Meliputi kawasan: Taman Gapura, Villa Taman Gapura, Ruko Taman Gapura, Melroce Place, Queenstown, Taman Internasional, Ruko Taman internasional, Villa Sentra Raya, Puri Sentra Raya, Palm Hill I, dan Puri Widya Utama.

St. Yohanes Rasul [Ketua Wilayah: Irwan Suparman]
Meliputi kawasan: Dian Istana dan Graha Famili Blok L, M, N, O, P, PP, Q, R.

JADWAL KEGIATAN RUTIN

Jadwal Kegiatan Rutin Paroki Santo Yakobus

Pemahaman Tentang Gereja

Konsili Vatikan II menyadari bahwa: “Gereja adalah Umat Allah dalam Kristus yang dipersatukan oleh Roh Kudus. Umat Allah di dunia dipanggil untuk menjadi sakramen, yakni: dalam Kristus menjadi tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. (LG 2). Demikian pula ditegaskan bahwa Otoritas “Gereja/Hierarki sebagai Pelayan” (LG 3).

Gereja adalah Umat Allah yang terbentuk atas dasar iman. Hal ini penting ditekankan di sini sebab keanggotaan kita sebagai umat Allah merupakan peristiwa iman. Oleh karena itu seluruh karya dan pelayanan Gereja dalam bentuk apapun harus bersumber dan sekaligus merupakan perwujudan IMAN itu sendiri.

Gereja adalah Sakramen Kristus. Kita dalam kebersamaan merupakan tanda kehadiran Kristus di tengah dunia: menjadi perantara Kristus dengan manusia dan sebaliknya perantara manusia dengan Bapa.

Gereja adalah organisasi atau institusi dengan struktur hierarki. Struktur hierarki ini merupakan kehendak Yesus ketika memberikan kepada Petrus dan para Rasul-Nya segala kuasa yang diperlukan untuk misi yang dipercayakan Kristus. Kuasa ini perlu untuk pelayanan.

Gereja adalah Persekutuan, Communio. Persekutuan atau persaudaraan orang-orang yang percaya kepada Allah Tritunggal. Jadi Gereja pertama-tama adalah persekutuan orang-orang karena imannya. Persekutuan umat beriman ini dipanggil dan diutus bersama-sama menggereja. Ada kesadaran akan kesamaan fundamental dalam martabat bagi semua dan setiap anggota Umat Allah berdasarkan baptisan dan penguatan. Kesamaan martabat ini sekaligus berarti kebersamaan kegiatan yang merupakan segi dinamis dari kesamaan itu.

Tanggung Jawab Bersama Segenap Umat Paroki

Tugas Gereja untuk melaksanakan perutusan Kristus adalah tugas perutusan seluruh Umat Allah, yang di dalam Gereja Partikular terdiri dari paroki-paroki. Konsili Vatikan II secara eksplisit menyatakan bahwa paroki adalah perwujudan nyata dari Gereja. Sacrosanctum Concilium, 42,1 dan Lumen Gentium, 26,1 ; 28,2 dengan sangat jelas menyatakan bahwa paroki merupakan “representasi” dari Gereja yang kelihatan di dunia. Kata “representasi” berarti tanda kehadiran, tanda adanya, suatu realitas yang konkrit dari Gereja Universal di dunia. Paroki adalah tanda kehadiran nyata Gereja di dunia.

Berparoki berarti bersama menggereja. Paroki adalah urusan bersama. Tentu saja pelaksanaan konkritnya membutuhkan pembagian tugas yang jelas dan organisasi yang mantap, mentalitas yang memadai, kepemimpinan yang partisipatif, cara kerja yang konseptual-sistematis, tetapi itu semua adalah sarana dan ungkapan untuk mengembangkan gagasan teologis yang lebih mendalam dan mendasar: berparoki berarti bersama-sama menggereja.

BERBAGAI KEGIATAN KAMI

Bergabunglah Dengan Kami

Umat dipersilahkan untuk bergabung baik sebagai pengurus DPP, BGKP, teritorial di wilayah maupun lingkungan, maupun di kategorial. Berbagai kegiatan juga sangat membutuhkan tenaga umat sebagai panitia. Data berbagai kegiatan akan dipublikasikan di halaman ini segera.

AGENDA KEGIATAN

Latest Community Activity

Jadwal Paskah 2017

Jadwal Paskah 2017 Jadwal Perayaan Paskah di Gereja Katolik Santo Yakobus Surabaya tahun 2017 adalah

Jadwal PraPaskah dan Paskah 2016

Berikut adalah jadwal PraPaskah - Paskah 2016 di Gereja Katolik Paroki Santo Yakobus 2016

Kunjungan Dalam Rangka Hari Orang Sakit Sedunia

Menyambut Hari Orang Sakit Sedunia 11 Februari 2016, Kepala Paroki St. Yakobus RD Prima Novianto

Rabu Abu 2016

"Bertobatlah dan percayalah pada Injil" Abu adalah tanda pertobatan. Rabu Abu sebagai hari pertama Masa

Berita dan Kegiatan Terbaru